Jumat, 20 Juli 2012

RPP KLS XII smt 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN
(RPP 2 )

  1. Identitas mata pelajaran
a.       Satuan Pendidikan                        : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
b.      Kelas / Semester                : XII
c.       Semester                            : 5
d.      Kompetensi keahlian         : Administrasi Perkantoran, Pemasaran
e.       Mata Pelajaran                  : Matematika
f.       Pertemuan ke-                   : 3 , 4 , 5
g.      Jumlah Pertemuan             : ( 3 kali pertemuan )


Standar Kompetensi                : Menerapkan aturan konsep statistika dalam   pemecahan masalah

Kompetensi Dasar                 : Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram

Indikator                                  Kognitif
1. Dapat menyajikan data dalam bentuk tabel
2. Dapat menyajikan data dalam bentuk diagram
          Afektif
1.    Karakter
a)   Dapat dipercaya
b)   Menghargai
c)    Tanggung jawab individu
d)   Tanggung jawab sosial
e)   Adil
f)     Peduli
2.    Keterampilan Sosial
a)   Bertanya
b)   Memberikan ide atau pendapat
c)    Menjadi pendengar yang baik
d)   Kerja sama

I.         Tujuan Pemelajaran

1.    Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, dan siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan karakter:
1.    Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat dipercaya. Diantaranya siswa jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik dan membantu orang lain.
2.    Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter menghargai. Diantaranya siswa memperlakukan teman/guru dengan baik, sopan dan hormat, peka terhadap perasaan orang lain, tidak pernah menghina atau mempermainkan teman/guru, tidak pernah mempermalukan teman/guru.
3.    Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
4.    Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab sosial. Diantaranya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman/guru.
5.    Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter adil. Diantaranya siswa tidak pernah curang, menyontek hasil kerja siswa/kelompok lain, bermain/berbuat berdasarkan aturan, tidak pernah mengambil keuntungan dari yang lain.
6.    Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadapperasaan orang lain, mencoba untuk membantu siswa/guru yang membutuhkan.
2.    Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, siswa diberi kesempatan melakukan penilaian diri terhadap kesadaran dalam menunjukkan keterampilan sosial:
1.    Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan.
2.    Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif memberikan ide atau pendapat.
3.    Dalam proses pembelajaran di kelas, siswa dapat menjadi pendengar yang baik.
4.    Dalam diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.

Pertemuan ke 3
Setelah mengikuti proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :
-          Menjelaskan jenis-jenis tabel
Pertemuan ke 4
-          Menjelaskan macam-macam diagram (batang, lingkaran, garis, gambar), 
            histogram,  poligon frekuensi, kurva ogive
Pertemuan ke 5
-          Mengumpulkan dan mengolah data serta menyajikannya dalam bentuk
            tabel dan diagram

II. Materi Ajar
     Meliputi : - Data dalam bentuk tabel
                     - Data dalam bentuk diagram
III. Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
      
  1. Pertemuan ke – 1 ( 2 x 45 menit )
NO
KEGIATAN
KARAKTER
WAKTU
METODE
1
Kegiatan Awal
1.Kognitif :
2.Guru menyiapakan fisik dan mental siswa untuk siap mengikuti pelajaran, memberikan motivasi tentang pentingnya belajar, penjelasan tentang tujuan mempelajari standard kompentensi Mengidentifikasi pengertian Statistik, Statistika, Populasi dan sampel.
3.Guru menugasi siswa untuk mengelompok sesuai dengan kelompok masing masing.
4.Guru menugasi semua siswa untuk menyimak materi ( modul ) statistika.


Afektif / karakter Sosial :
a.     Ketua kelas memimpin berdoa sebelum pelajaran
b.     Memberikan ide atau pendapat guna meningkatkan cara belajar
c.     Bertanya
d.     Menjadi pendengar yang baik
e.    Kerja sama




10 menit
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dengan pendekatan kontekstual, STAD
Peakaian IT
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
Kognitif:
Dalam kegiatan eksplorasi
1). Setelah siswa dapat menemukan data, bersama guru mengamati ciri– ciri data untuk kemudian diklasifikasikan / dikelompok – kelompokkan
2).  Guru mengawasi dan membimbing.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
1).    Guru dan siswa menuangkan dalam tabel distribusi frekuensi
2).    Guru membahas pengertian Tabel dan diagram
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
1).    Guru menyampaikan beberapa jenis tabel dan diagram
2).     Guru memberikan umpan balik kepada siswa agar siswa memberikan contoh lain
3)     Guru sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan.   
1.       Afektif/Karakter sosial
2.       Dalam kegiatan ini, siswa dapat  menjadi pendengar yang baik, aktif bertanya, menghargai, dan peduli terhadap orang lain. Jujur dan bertanggung jawab
3.        
4.        



5.       Dengan dibentuknya kelompok, siswa dapat dilatihkan bekerja sama, bertanggung jawab secara individu dan sosial, peduli, dan menghargai pendapat orang lain.
6.        


Dengan kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk
dapat dipercaya  dan  aktif bertanya
Siswa diminta untuk berani mengemukakan pendapatnya
Siswa dilatih berani bertanya untuk berpendapat

70 Menit
kontekstual, STAD
Pemakaian IT
3
Penutup / Kegiatan Akhir
a.         Guru bersama siswa membuat rangkuman atau simpulan pelajaran .
b.         Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.          Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
d.         Menugasi siswa untuk mempelajari materi selanjutanya
7.        
Dengan kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk berani berpendapat, menghargai orang lain, mandiri,  bertanggung jawab secara individu.
8.       Dengan mengerjakan rangkuman siswa dilatihkan bertanggung jawab  secara individu dan sosial serta dapat dipercaya.
Dengan mengisi Lembar Penilaian Diri, siswa dilatihkan untuk dapat dipercaya untuk melanjutkan materi berikutnya.
    10 menit
Penugasan
Tanya Jawab
Uraian Materi kegiatan
Menyajikan data dalam bentuk tabel
     Data yang sudah diperoleh disusun dan disajikan dalam susunan baris dan kolom sehingga akan tampak lebih jelas dan cepat dibaca  daripada disajikan dengan kalimat biasa.

     Penyajian data dalam bentuk daftar/tabel dapat dibuat dalam bentuk :

 a. Daftar baris kolom
Contoh : HASIL EBTA SMK N I ADIWERNA TAHUN 2002
JURUSAN
LULUS
TIDAK LULUS
JUMLAH
Bangunan
Elektro
Otomotif
45
48
50
5
2
0
50
50
50
   
b. Daftar distribusi frekuensi
        (i) Daftar distribusi frekuensi tunggal
             adalah bentuk daftar pengelompokkan frekuensi berdasarkan nilai data yang sama.

Contoh : DAFTAR NILAI ULANGAN MATEMATIKA
NILAI
FREKUENSI
50
60
70
80
90
6
8
14
6
6
JUMLAH
40
   
        (ii) Daftar distribusi frekuensi berkelompok
              adalah daftar distribusi frekuensi yang pengelompokan nilai datanya dibuat  
             dalam bentuk interval.

Contoh : DAFTAR BERAT BADAN 50 SISWA (dalam kg)

BERAT BADAN
BANYAK SISWA
35 – 39
40 – 44
45 – 49
50 – 54
55 – 59
60 – 64
4
5
9
15
12
5
 JUMLAH
50

Dari daftar distribusi diatas kita kenal istilah :

(1) Kelas (k) :
      Data diatas terbagi menjadi 6 kelas
      kelas ke-1 : 35-39
      kelas ke-2 : 40-44   dst.
(2) Frekuensi (f)
      Banyak data kelas ke-1  (f1) = 4
      Banyak data kelas ke-2  (f2) = 5   ;   dst.
(3) Jumlah data (n = ∑fi )
      n = ∑f= f1+f2+f3+f4+f5+f6 = 50
(4) Batas kelas : Terdiri dari batas bawah (Bb) dan batas atas (Ba)
      Untuk kelas ke-1  : Bb = 35, Ba = 39
      Untuk kelas ke-2  : Bb = 40, Ba = 44  ; dst.
(5) Tepi kelas (limit kelas) : Terdiri dari tepi bawah dan tepi atas
      Tb = Bb kelas itu + Ba kelas sebelumnya
                                        2
      Ta =  Ba kelas itu + Bb kelas sesudahnya
                                        2
Atau    Tb = Bb – 0,5
            Ta = Ba + 0,5
Contoh : Untuk kelas ke-3            Tb = 45+44  = 44,5     ; Ta = 49+50  = 49,5
2                                                                          2
               Atau  Tb = 45-0,5 = 44,5   ;   Ta = 49+0,5 = 49,5
(6) Titik tengah (xi)
       xBb + Ba
                     2
      Titik tengah kelas ke-1 = 35+39  = 37
                                                   2
(7) Panjang kelas /interval kelas ( p )
      Adalah selisih antara tepi atas kelas dan tepi bawah kelas
      P = Ta – Tb   atau     p = Bb kelas sesudah – Bb kelas itu
      Contoh : panjang kelas kelas ke-4 = 54,5 – 49,5 = 5







Pertemuan ke – 2 ( 3 x 45 menit )
NO
KEGIATAN
KARAKTER
WAKTU
METODE
1
Kegiatan Awal
Kognitif :
Ø   Guru menyiapakan fisik dan mental siswa untuk siap mengikuti pelajaran, memberikan motivasi tentang pentingnya belajar, penjelasan tentang tujuan mempelajari standard kompentensi Mengidentifikasi pengertian Statistik, Statistika, Populasi dan sampel.
Ø   Guru menugasi siswa untuk mengelompok sesuai dengan kelompok masing masing.
Ø   Guru menugasi semua siswa untuk menyimak materi ( modul ) statistika.


Afektif / karakter Sosial :
*    Ketua kelas memimpin berdoa sebelum pelajaran
*    Memberikan ide atau pendapat guna meningkatkan cara belajar
*    Bertanya
*    Menjadi pendengar yang baik
*    Kerja sama




10 menit
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dengan pendekatan kontekstual, STAD
Peakaian IT
NO
KEGIATAN
KARAKTER
WAKTU
METODE
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
1). Guru memfasilitasi siswa agar terjadi interaksi antar siswa, siswa dan guru dengan menggunakan buku sumber yang ada di lingkungan serta menugasi semua siswa untuk mempelajari materi tentang macam – macam diagram beserta contoh – contohnya.
2).  Guru mengawasi dan membimbing.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
1).  Guru memfasilitasi siswa dengn berdiskusi kelompok untuk nenunculkan pendapat atdan sisau gagasan baru yang berkaitan dengan diagram secara tertulis maupun lisan.
2).  Guru memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan mengutarakan pendapatnya tanpa rasa takut dalam kegiatan berdiskusi kelompok.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
1).  Guru menyampaikan beberapa jenis tabel dan diagram
2).  Guru memberikan umpan balik kepada siswa agar siswa memberikan contoh lain
3)  Guru sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan.
Afektif/Karakter sosial
9.        
10.    Dalam kegiatan ini, siswa dapat  menjadi pendengar yang baik, aktif bertanya, menghargai, dan peduli terhadap orang lain. Jujur dan bertanggung jawab
11.     
12.     




13.     
14.    Dengan dibentuknya kelompok, siswa dapat dilatihkan bekerja sama, bertanggung jawab secara individu dan sosial, peduli, dan menghargai pendapat orang lain.
15.     






Dengan kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk
dapat dipercaya  dan  aktif bertanya
Siswa diminta untuk berani mengemukakan pendapatnya
Siswa dilatih berani bertanya untuk berpendapat

70 Menit
kontekstual, STAD
Pemakaian IT
3
Penutup / Kegiatan Akhir
e.          Guru bersama siswa membuat rangkuman atau simpulan pelajaran .
f.          Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
g.          Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
h.         Menugasi siswa untuk mempelajari materi selanjutanya
16.     
Dengan kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk berani berpendapat, menghargai orang lain, mandiri,  bertanggung jawab secara individu.
17.    Dengan mengerjakan rangkuman siswa dilatihkan bertanggung jawab  secara individu dan sosial serta dapat dipercaya.
Dengan mengisi Lembar Penilaian Diri, siswa dilatihkan untuk dapat dipercaya untuk melanjutkan materi berikutnya.
    10 menit
Penugasan
Tanya Jawab
Uraian Materi kegiatan
Data Dalam Bentuk  Grafik
              Maksud dan tujuan menyajikan data statistik dalam bentuk diagram maupun grafik adalah agar mudah memberikan informasi secara visual, serta diagram atau grafik sangat efektif untuk menyebarkan informasi baik melalui media surat kabar, majalah, maupun laporan-laporan statistik.

1) Diagram Lambang / Piktogram
Contoh:
Hasil panenan apel dari Kabupaten Malang selama 3 tahun tampak pada tabel berikut :

Tahun
Hasil
2005
2006
2007
300 ton
400 ton
325 ton

Hasil di atas dapat digambarkan dalam pictogram sebagai berikut :

                      Hasil Apel Kabupaten Malang
Selama 3 Tahun
Tahun
Hasil
2005
2006
2007
""""""
""""""""
""""""#

" = 50 ton  

2) Diagram Batang
Contoh:
Banyaknya lulusan SMK X selama 5 tahun berturut-turut :
2002    :  80 siswa
2003    :  80 siswa
2004    :  100 siswa
2005    :  90 siswa
2006    :  120 siswa


Keterangan di atas dapat disajikan dalam diagram batang sebagai berikut :

Tahun
 


Byk siswa
 

3) Diagram Garis
Diagram garis untuk menggambarkan dat kontinu / berkesinambungan.
Contoh:
Pada penelitian mengukur pertumbuhan batang kecambah, seorang siswa mencatat hasilnya sebagai berikut :

Umur (hari)
0
1
2
3
4
5
6
Panjang (cm)
0
2
4,5
6
8
11,5
14











Diagram garis data di atas sebagai berikut :


 


         14-

P
a
n
j
a
n
g

(cm)

 
         13-
         12-
         11-
         10-
          9 -
          8 -
          7 -
          6 -
          5 -
          4 -
          3 -
          2 -        .
          1 -
                      ,           ,           ,           ,           ,           ,
          0          1          2          3          4          5          6          umur(hari)    

4) Diagram Lingkaran
Contoh:
Kegiatan seorang anak selama 24 jam sebagai berikut :
Kegiatan
Lamanya (jam)
Membantu orang tua
Bermain
Belajar
Tidur
Dan lain-lain
2
4
8
8
2

Diagram lingkaran dari data di atas sebagai berikut :
          Kegiatan Selama 24 Jam



5) Histogram dan Poligon Frekuensi
    Histogram digunakan untuk menyajikan keterangan-keterangan yang sebelumnya disajikan dengan distribusi frekuensi (baik tunggal maupun bergolong).



    Contoh:
    Keluarnya mata dadu dalam 22 kali lemparan.
       F

     
    6
    5
    4
    3
    2
    1

           1       2      3      4      5      6        mata dadu

Poligon frekuensi adalah apabila pada titik-titik tengah dari Histgram dihubungkan dengan garis dan batang-batangnya dihapuskan.

Contoh:
       F


 
    10
    
     8

     6
 
     4
 
     2
  


 
           4       7    10     13    16     19   22        nilai

6) Ogive
Grafik ogive dibuat dari daftar sebaran “Fk <” dan “Fk >”.
Contoh:
Berat badan 50 siswa (dalam kg)
Berat
Frekuensi
40 – 44
45 – 49
50 – 54
55 – 59
60 – 64
65 - 69
4
6
10
20
7
3
Untuk membuat ogive dari data di atas, diperlukan bantuan sebagai berikut:
Berat(tb)
Fk <
Fk >
39,5
44,5
49,5
54,5
59,5
64,5
69,5
0
4
10
20
40
47
50
50
46
40
30
10
3
0




Grafiknya sebagai berikut :

   F
 

50-                                                                                        Fk <   







 
    -                                                                                      

40-

    -

30-

    -

20-
 

    -

10-
                                                                             Fk >
    -














 
                      ,           ,           ,           ,           ,           ,           ,              Berat badan
0
3. Pertemuan ke – 3 ( 3 x 45 menit )
NO
KEGIATAN
KARAKTER
WAKTU
METODE
1
Kegiatan Awal
Kognitif :
  1. Guru menyiapakan fisik dan mental siswa untuk siap mengikuti pelajaran, memberikan motivasi tentang pentingnya belajar, penjelasan tentang tujuan mempelajari standard kompentensi Mengidentifikasi pengertian Statistik, Statistika, Populasi dan sampel.
  2. Guru menugasi siswa untuk mengelompok sesuai dengan kelompok masing masing.
  3. Guru menugasi semua siswa untuk menyimak materi ( modul ) statistika.

Afektif / karakter Sosial :
  1. Ketua kelas memimpin berdoa sebelum pelajaran
  2. Memberikan ide atau pendapat guna meningkatkan cara belajar
  3. Bertanya
  4. Menjadi pendengar yang baik
  5. Kerja sama




10 menit
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dengan pendekatan kontekstual, STAD
Peakaian IT
2
Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
1). Guru memfasilitasi siswa agar terjadi interaksi antar siswa, siswa dan guru dengan menggunakan buku sumber yang ada di lingkungan serta menugasi semua siswa untuk mempelajari materi tentang macam – macam diagram beserta contoh – contohnya.
2).  Guru mengawasi dan membimbing.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
1).  Guru memfasilitasi siswa dengn berdiskusi kelompok untuk nenunculkan pendapat atdan sisau gagasan baru yang berkaitan dengan diagram secara tertulis maupun lisan.
2).  Guru memberikan kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan mengutarakan pendapatnya tanpa rasa takut dalam kegiatan berdiskusi kelompok.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
1).  Guru menyampaikan beberapa jenis tabel dan diagram
2). Guru memberikan umpan balik kepada siswa agar siswa memberikan contoh lain
3)   Guru sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan.
Afektif/Karakter sosial
18.    Dalam kegiatan ini, siswa dapat  menjadi pendengar yang baik, aktif bertanya, menghargai, dan peduli terhadap orang lain. Jujur dan bertanggung jawab


19.     




20.    Dengan dibentuknya kelompok, siswa dapat dilatihkan bekerja sama, bertanggung jawab secara individu dan sosial, peduli, dan menghargai pendapat orang lain.
21.     







Dengan kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk
dapat dipercaya  dan  aktif bertanya
Siswa diminta untuk berani mengemukakan pendapatnya
Siswa dilatih berani bertanya untuk berpendapat

70 Menit
kontekstual, STAD
Pemakaian IT
3
Penutup / Kegiatan Akhir
  1. Guru bersama siswa membuat rangkuman atau simpulan pelajaran .
  2. Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
  3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
  4. Menugasi siswa untuk mempelajari materi selanjutanya
22.     
Dengan kegiatan ini, siswa dilatihkan untuk berani berpendapat, menghargai orang lain, mandiri,  bertanggung jawab secara individu.
23.    Dengan mengerjakan rangkuman siswa dilatihkan bertanggung jawab  secara individu dan sosial serta dapat dipercaya.
Dengan mengisi Lembar Penilaian Diri, siswa dilatihkan untuk dapat dipercaya untuk melanjutkan materi berikutnya.
    10 menit
Penugasan
Tanya Jawab
Uraian Materi kegiatan
 Menyajikan data dalam bentuk Diagram
     a. Diagram batang : cara menyajikan data yang diagramnya berbentuk persegi             panjang tegak ataupun persegi panjang mendatar ayng lebarnya sama.Skala pada sumbu tegak dan datar tidak perlu sama.
Contoh : BANYAK SISWA TAHUN 1990


 
       1500  -

       1000  -
         750  -
         500  -


                     SD      SMP    SMK    SMU
   
  b. Diagram garis : Cara menyajikan data dengan menggunakan garis yng diperoleh dengan menghubungkan pasangan bilangan yang didpat dari data.

Contoh : Jumlah siswa yang absen selama 1 minggu
              F
               5-                          .
               4-                                          .
               3-                                   .                        
               2-                   .
               1-        .                                              .                          
                          sn       sl     rb     km     jm      sb                    .        
                                                                                hari
      c. Diagram lingkaran : lingkaran dibagi dalam juring-juring lingkaran. Luas masing
          masing juring sesuai dengan sudut pusat lingkaran.






Contoh : Hasil penjualan suatu toko besi tahun 1986 selama 3 bulan


 
Jenis barang
Banyaknya
   Semen
Tegel
Besi
Lain-lain
25%
15%
20%
40%
Besar sudut untuk semen ; 25% x 3600 = 900
                                        Tegel : 15% x 3600 = 540
                               Besi  : 20% x 3600 = 720
                            Dan seterusnya
   
 d. Diagram lambang(piktogram) : Digunakan dalam menyajikan data untuk suatu
          perbandingan objek-objek tertentu.
Contoh : Penjualan cat dalam kaleng pada tahun 2001/2002 dalam satuan ton

2001             Flowchart: Magnetic Disk:     220.000
                      2002
Flowchart: Magnetic Disk:  150.000
 






      e. Histogram, Poligon frekuensi
          Histogram adalah sekumpulan persegi panjang yang alasnya merupakan panjang kelas dan tingginya merupakan frekuensi masing-masing kelas.
          Poligon frekuensi digambarkan dengan garis yang ditarik dari titik tengah ujung batang histogram.

Contoh : Nilai tes matematika kelas 3 listrik SMK N 1 ADIWERNA tahun 2004/2005
              
               f
                              Histogram
             20-
             15-
             10-                                           poligon frekuensi
              5 -


 
                        64,5    69,5  74,5  79,5  84,5   89,5                    nilai

V.      Alat/Bahan/Sumber Belajar/Media Pembelajaran
-     Modul statistika
-     Buku Matematika SMK, Kelas XII Bab 2 Saka Mitra Kompetensi.













VI. Penilaian
Penilaian hasil belajar
Soal Utama
1.   Sajikanlah data usia 120 siswa disuatu SMK dalam tabel bila tercatat 24 siswa berusia 16 tahun, 36 siswa berusia 17 tahun, 30 siswa berusia 19 tahun dan sisanya berusia 20 tahun. Selanjutnya gambarlah diagram batang dan diagram lingkaran data tersebut.
2.   Usia 100 peserta sepeda gembira tercatat sebagai berikut :
            9          13         16         26         25         37         42         50         51         14
            9          12         10         21         23         18         16         10         10         9
            8          13         18         26         34         47         46         45         16         13
            19         32         35         17         9          8          10         12         15         21
            18         19         21         23         18         17         16         19         32         34
            24         22         18         33         33         31         20         22         21         32
            21         47         40         39         48         49         49         40         37         32
            38         42         40         21         20         35         27         15         41         27
            20         19         35         32         22         32         22         30         29         52
            12         18         16         19         37         26         14         23         41         25
a.   Nyatakan data di atas dalam tabel distribusi frekuensi kelompok dengan interval kelas 8 – 12 ; 13 – 17 ; 18 – 22 dan seterusnya
b.   Gambarlah Diagram batang


B    Kunci Jawaban :
1a.
Usia (th)
(x)
Jumlah Siswa
(f)
16
17
18
19
20
24
36
30
18
12


        f
1b.              36                                            
                       30
           24
 
                           18
                                   12


 
                                                   usia
Keterangan :L
     : usia 16 tahun              : usia 18 tahun          : usia 20 tahun
     : usia 17 tahun              : usia 19 tahun

Keterangan :L
     : usia 16 tahun =20%       : usia 18 tahun                     : usia 20 tahun
     : usia 17 tahun              : usia 19 tahun


2a.
Interval
F
8 – 12
13 – 17
18 – 22
23 – 27
28 – 32
33 – 37
38 – 42
43 – 47
48 - 52

13
14
24
11
9
10
9
4
6

2b. 
               
C    Skor maksimum masing-masing nomor adalah sebagai berikut
1.   a. 2
      b. 3
      c. 3
2.   a. 4
      b. 6
      



SOAL PERBAIKAN :
a.     Lihat gambar disamping

 
Berapakah a. yang gemar S. Bola dan Tari
                b. Berapa jumlah siswa semua
       2. Buatlah grafik garis
       3. Buatlah garfik Lingkaran

Skor akhir  =

  1. Sumber dan media pembelajaran
a.     Sumber :
b.     Modul, LKS
c.     Statistika untuk penelitian (Drs. Sugiyono, CV. Alfabeta Bandung)
d.     Matematika SMK 3 : Syamsudin (Grasindo, Jakarta 2005)
e.     Matematika SMK 3 : Edy Suranto, S.Pd. (Yudhistira, 2006-09-16)
f.      Matematika SMK  : Drs. Alamsyah dan Erna Surnarti (Armoci Bandung, 2005)
g.     Pelajaran Statistik untuk SMEA dan Sederajat : Drs. Nugroho Budiyuwono (BPFE Yogyakarta,1990
b.     Media    : Papan tulis, kapur/spidol, penggaris, Neraca, Arloji, Data dinding, Siswa dalam kelas, Guru  di sekolah,










7.    Penilaian
Ada 3 aspek penilaian meliputi :
a.     Sikap (Affective) – Hasil amatan selama kegiatan pembelajaran berlangsung meliputi usaha, kesungguhan, motivasi, kerajinan dan perhatian
b.     Ketrampilan (Psycomotoric) – Hasil amatan selama kegiatan pembelajaran berlangsung meliputi kemampuan mengatur diri dan kecekatan dalam tiddakan / mengatasi masalah / tanggap
c.     Pengetahuan (Cognitive) – Hasil amatan selama kegiatan pembelajaran berlangsung meliputi hasil latihan dan evaluasi (tes)

                                                                 
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran



SRI UTOMO,SH                                                             DANIEL YUSIANTO,S.Pd
                                                                                   NIY : 1231/ C / 014
                                                                                   NUPTK : 15547396420002

           

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar